Pekan Konseling Gizi Nasional Dalam Rangka Peringatan Hari Gizi Nasional 2018

February 12, 2018

 

Kegiatan ini sejalan dengan upaya peningkatan status gizi masyarakat dalam rangka membangun SDM berkualitas yang siap melaksanakan pembangunan. Status gizi masyarakat merupakan salah satu penentu keberhasilan memperoleh SDM berkualitas di masa datang,sementara saat ini perkembangan masalah gizi (stunting, gizi kurang dan gizi lebih) belum menggembirakan. Prevalensi kekurangan gizi khususnya stunting dan kekurangan gizi mikro lainnya masih tinggi sementara gizi lebih telah mulai meningkat. Faktor kekurangan gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan, pengetahuan, pola asuh dan ekonomi merupakan faktor utama penyebab stunting dan masalah gizi lainnya.

PERSAGI sebagai organisasi profesi gizi merasa terpanggil untuk berpartispasi mencegah dan mengatasi masalah gizi. Peringatan HGN yang diperingati setiap tanggal 25 Januari merupakan momentum untuk mewujudkan niat mulia anggota PERSAGI bersama jejaring Organisasi profesi medis dan kesehatan dalam pengabdian kepada masyarakat.

Pekan konseling dan edukasi nasional adalah pembelajaran yang sistematis secara nasional di seluruh Indonesia kepada ibu yang memiliki masalah gizi secara serempak oleh tenaga gizi. Kegiatan anggota PERSAGI  berupa edukasi dan konseling gizi kepada ibu hamil, ibu dengan bayi dan anak 0-24 bulan, terutama yang mengalami masalah. Kegiatan dilaksanakan oleh seluruh anggota PERSAGI baik ditingkat Pusat, Daerah, Kabupaten/ Kota, Institusi Pendidikan Gizi bersama perwakilan jejaring di daerah dan mitra lainnya.