CARA MENJAGA KESEHATAN MATA DARI GADGET

January 21, 2020

Fungsi mata yang umum adalah sebagai alat indera penglihatan. Mata dapat digunakan untuk melihat objek yang jauh dan dekat. Cara kerja mata juga cukup kompleks, di mana setiap bagian-bagian organ dalam mata memiliki fungsinya masing-masing sehingga sebuah objek dapat dilihat oleh mata. Mata hanya bisa melihat objek yang terkena pantulan cahaya atau yang menghasilkan cahaya

Sebagai salah satu dari lima indera, mata memang mempunyai fungsi yang vital bagi kehidupan seseorang. Setiap organ dalam mata juga memiliki fungsi yang jika salah satu bermasalah, maka akan memengaruhi fungsi organ lainnya.

Dijaman yang serba digital ini hamper setiap hari kita menggunakan gadget, computer atau yang lainnya. Terkadang kita tidak menyadari bahwa mata kita juga butuh istirahat. Keluhan mata lelah seperti pandangan kabur, mata menjadi kuning , mata merah, sakit kepala mungkin menjadi keluhan yang tidak  dihiraukan. Keluhan-keluhan seperti itu jika tidak diatasi secara dini bisa menimbulkan keluhan yang serius pada mata.

Untuk itu, sangat penting bagi setiap orang menjaga kesehatan mata sejak dini dengan cara yang benar. Tidak selalu harus dengan mengunjungi dokter, menjaga mata ini juga bisa dilakukan dengan berbagai perawatan yang sederhana yang biasanya dilakukan dalam sehari-sehari seperti :

1.  Konsumsi vitamin A dalam Jumlah Cukup

Vitamin A yang alami ini bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan sehat yang dikonsumsi, sehingga bisa dicerna dengan baik oleh tubuh. Pada umumnya, vitamin A banyak terdapat pada buah dan sayuran yang berwarna hijau dan jingga kekuningan, seperti: labu kuning, tomat, wortel, alpukat, pepaya, dan yang lainnya.

2.  Mengkonsumsi sayuran Hijau

 

Sayuran berwarna hijau tua memang memiliki kandungan karotenoid yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Bukan hanya itu saja, zeaxanthin dan lutein bahkan bisa membantu menghindari terjadinya resiko penyakit katarak dan juga penurunan kemampuan penglihatan yang pada umumnya diakibatkan oleh gangguan pada retina. 

Pastikan mengonsumsi sayuran hijau sebagai menu harian secara teratur, sehingga semua kandungan zat baik di dalamnya bisa didapatkan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Ada banyak pilihan sayuran hijau yang bisa dijadikan menu harian, seperti: brokoli, bayam, dan yang lainnya. 

3.  Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

4.  Kurangi penggunaan tetes mata

Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

5.  Gunakan mentimun

Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.

6.  Pakailah kacamata hitam pelindung UV

Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

7.  Hindari terlalu lama di depan computer atau gadget

Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata lelah. Penggunaan gadget dalam waktu yang panjang juga sangat berbahaya bagi kesehatan mata, apalagi jika hal ini menjadi rutinitas yang sangat biasa dilakukan. Pastikan Anda membatasi kontak dengan berbagai gadget, sehingga mata tidak lelah dan bekerja keras, sebab hal ini bisa membuat tingkat kesehatan mata menurun.

8.  Kenakan kacamata di saat yang tepat

Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

9.  Jangan membaca dalam cahaya redup

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

10.  Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai

Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali. Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

11.  Jangan kucek mata dengan keras dan kasar

Area mata begitu sensitif, bahkan pada sentuhan (gerakan) yang berlebihan sekalipun. Jika mata terasa gatal atau bahkan merasa ada benda asing masuk ke dalamnya, maka pastikan Anda tidak menggosok atau mengucek mata dengan keras dan kasar, sebab hal ini bisa saja membuat kesehatan mata terganggu. Sebaiknya usapkan mata secara perlahan atau juga bisa bilas dengan air bersih.

12.  Konsumsi antioksidan dalam jumlah yang tepat.

Antioksidan akan membantu Anda menangkal radikal bebas dan menghindari berbagai kerusakan jaringan di dalam tubuh, termasuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi resiko katarak pada mata. Mulailah dari sekarang mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi dalam menu harian, sehingga tubuh dan mata bisa menangkal berbagai gangguan kesehatan yang merugikan.

 

Sayangi Matamu

  • Istirahatkan mata sejenak dengan mempraktekkan metode 20-20-20. Jauhkan pandanganmu dari layar computer setiap 20 menit sekali dan lihatlah sesuatu yang berjarak 20 kaki jauhnya darimu selama 20 menit.
  • Jangan lupa untuk sering-sering berkedip untuk menjaga agar mata tetap lembab. Jika mata terasa kering, gunakan obat tetes mata.
  • Kunjungi dokter mata secara berkala untuk memeriksakan mata. Dokter mata bisa memberitahu jika kamu memiliki masalah penglihatan dan membutuhkan sepasang kacamata.

Jaga Kesehatan Mulai dari Sekarang

Menjaga kesehatan mata kerap menjadi hal yang terlupakan, terutama bagi Anda yang selama ini merasa tidak mengalami gangguan kesehatan pada area mata. Jangan abaikan mata begitu saja, kemungkinan akan merasakan gangguan mata bila nanti sudah di lanjut usia. Agar mata tetap sehat sampai kapanpun mulailah menjaga kesehatannya sejak sekarang. Terapkan berbagai kebiasaan yang lebih sehat dan konsumsi makanan serta vitamin yang tepat, sehingga kesehatan mata tetap terjaga dengan baik sepanjang waktu.